ads

Peralatan Untuk Membuat Kue Kering

Friday 30 September 2011

Timbangan
Timbangan digunakan untuk menakar bahan-bahan yang dibutuhkan yang sesuai dengan resep dan ukuran. Timbangan yang ada dipasaran biasanya dalam bentuk digital menggunakan baterai atau listrik dan timbangan manual menggunakan jarum dalam satuan gram atau ons. Timbangan digital lebih akurat atau teliti karena bisa digunakan untuk ukuran yang paling kecil yaitu 1 gram.


Sendok Ukur
Sendok ukur biasanya terdiri dari satu set atau satu rangkaian terbuat dari bahan plastik atau stainlessteel. Dengan satuan ukuran table spoon sama dengan sendok makan dan tea spoon sama dengan sendok teh. Dengan masing masing ukuran 1 table spoon atau 15 ml, lalu yang lebih kecil berukuran 1 tea spoon atau 5 ml, kemudian yang berukuran ½ tea spoon atau 2 ml dan yang paling kecil berukuran ¼ tea spoon atau 1 ml.

Gelas Ukur
Gelas ukur suatu alat yang digunakan untuk mengukur bahan cair. Bentuk dan bahan gelas ukur bermacam-macam tapi pada umumnya terbuat dari kaca dan plastik dengan satuan ml dan cc dan kapasitas yang berbeda-beda ada yang 1000 ml atau yang paling kecil 100 ml.

Mixer
Alat yang digunakan untuk mengaduk atau mengocok adonan. Untuk menghasilkan adonan yang tercampur rata atau yang sesuai dengan kebutuhan. Jenis mixer juga bermacam-macam diantaranya adalah hand mixer atau mixer tangan yang manual. Mixer duduk, mixer jenis ini biasanya mempunyai kapasitas yang lebih besar dibandingkan dengan mixer tangan.

Pastry Knife
Alat yang digunakan untuk mencampur bahan kering atau tepung dengan adonan mentega dalam pembuatan kue kering. Alat ini terbuat dari bahan stainlessteel. Bisa dibeli ditoko alat-alat kue atau toko bahan kue.

Ayakan Tepung
Ayakan tepung digunakan untuk memisahkan kotoran atau benda asing yang ada didalam tepung atau bahan kering yang berbentuk bubuk. Dan untuk memisahkan gumpalan-gumpalan yang ada didalam tepung, gula bubuk dan cokelat bubuk.

Gilingan Kayu / Rolling Pin
Rolling pin digunakan untuk mengilas adonan atau untuk menipiskan adonan sehingga dihasilkan adonan dengan ketebalan tertentu yang merata sehingga mudah dicetak dan diperoleh bentuk dan ketebalan yang sama.

Cetakan Kue Kering
Untuk menghasilkan bentuk kue kering yang bervariasi dan beragam bisa menggunakan aneka cetakan kue kering. Di pasaran sangat beragam cetakan kue kering yang dijual baik dalam bentuk satu set atau gradasi satu bentuk dari ukuran yang terkecil hingga ukuran yang besar dan bentuk satuan. Bahan yang digunakan untuk cetakan pada umumnya dari bahan plastik dan stainlessteel. Bisa kita beli di toko bahan kue atau pasar tradisional.

Loyang
Loyang dalam pembuatan kue kering digunakan untuk memanggang kue kering yang sudah dibentuk atau dicetak. Bentuk, ukuran dan bahan yang digunakan dalam pembuatan loyang sangat beragam ada yang terbuat dari bahan stainlessteel, aluminium dan teflon.

Spuit
Alat ini digunakan untuk mencetak kue kering dengan adonan yang lebih lembek. Spuit biasanya terbuat dari bahan stainlessteel, alumunium atau plastik.  

Oven
Alat ini digunakan untuk memanggang kue kering. Biasa oven ini terbuat dari alumunium. Dipasaran terdapat berbagai macam oven diantaranya oven listrik, oven kompor dan oven gas.

0 komentar:

Post a Comment test