ads

Tukang Kue dan ASUS ZenBook Flip S (UX371)

Tuesday 30 March 2021

 


Keseharian saya selain sebagai rumah tangga, juga sebagai penjual tukang kue. Kue yang saya jual biasanya adalah birthday cake atau kue ulang tahun. Dengan berbagai varian ukuran dan isi kue seperti sponge cake, blackforest dan rainbow cake.


Kami buka pertama kali pada tahun 2011 dan membuka toko di Cipanas Cianjur. Kami awalnya hanya menjual kue ulang tahun untuk para pelajar dengan marketing saudara sendiri yang masih duduk di bangku SMA. 


Pada tahun 2014, saya memutuskan pindah toko karena ikut dengan suami ke Indramayu. Dengan membuka brand yang sama yakni Toko Kue Barka. Mayoritas pelanggan kue ulang tahun ternyata sama yakni para pelajar. Karena toko kami harganya terjangkau dan menurut mereka rasanya tidak kalah dengan kue ulang tahun yang dari kota besar. 



Sistem jualannya dengan menggunakan sistem pesanan karena di toko kami tidak membuat kue yang sudah jadi. Sehingga walaupun ada etalase untuk menyimpan dan memajang kue tetapi di dalamnya tidak ada toko kue ulang tahun yang siap dibeli dan dibawa pulang oleh konsumen.


Pada tahun 2015 kami mulai diversifikasi produk. Tidak hanya kue ulang tahun saja yang dijual di toko kami tetapi kami merambah produk kue yang lain seperti roti, snack, kue tradisional dan donat. Ternyata animo masyarakat sekitar sangat antusias, ini terbukti produk yang kami buat selalu laris manis. 



Tahun 2020 kami mulai membuka cabang dengan membuka stand di salah satu tempat makan yang lebih representatif. Dengan varian menu yang berbeda seperti makanan Korea, Indonesia, Arab dan China. Tetap karena pandemi memang tidak seramai waktu awal-awal sebelum pandemi. 

 

Tetapi apabila sepi pesanan kami memutar otak agar bisa mendapatkan penghasilan untuk membantu suami dan biaya anak sekolah. Kami membuat sistem PO atau Pre-order beberapa kue dan makanan ringan seperti donat, klapertart, puding, brownis, tiramisu, bollen pisang, risoles dan lain-lain yang dibagikan melalui media sosial.



Dengan menggunakan sistem Pre-order ini, kue yang ada di toko kami tidak ada kue yang tersisa atau tidak laku, semuanya habis terjual. Sehingga bisa mengurangi kerugian karena kue basi, atau rusak karena tidak ada yang beli.


Sebagai tukang kue saya harus bisa memenuhi keinginan konsumen. Karena setiap konsumen memiliki keinginan yang berbeda-beda. Dari mulai model kue ulang tahun yang mengikuti keinginan konsumen, ornamen atau hiasan, hingga pengemasan dari kue ulang tahun itu sendiri.  


Selain itu, toko kue yang kami miliki berusaha untuk mengikuti tren perkembangan kue ulang tahun atau makanan yang sedang jadi perbincangan di tanah air. Seperti membuat kue ulang tahun yang isinya uang atau money cake, membuat game bertema game online, K-Pop dan lain-lain. Agar bisa mengikuti keinginan konsumen dan dianggap tidak ketinggalan zaman.


Termasuk waktu-waktu yang tepat untuk membuat kue yang akan dibutuhkan oleh konsumen. Sebagai contoh, beberapa hari ke depan kami sudah merencanakan untuk membuat kue kering untuk persiapan menjelang puasa dan lebaran.



Disela-sela kesibukan saya membuat kue, kami tetap menyempatkan untuk membuat laporan penjualan, pengeluaran dan pemasukan, membuat daftar stok barang, hingga membuat harga baru jika dirasa harga-harga bahan pokok sudah di atas harga wajar maka harus segera harga baru.


Saya juga menyempatkan untuk mengupdate artikel di blog kami agar dianggap bukan toko kue abal-abal karena toko kue kami sudah dikenal oleh pengguna internet baik lokal maupun oleh pengguna dari luar negeri yang merupakan pekerja migran yang ingin memberikan kue ulang tahun kepada keluarga, saudara atau rekannya.   



Mereka tinggal memilih model kue, ukuran dan harganya sesuai dengan keinginannya lalu diantarkan ke tempat yang dituju. Para konsumen dari luar daerah atau luar negeri hanya cukup memberikan bukti transferan untuk kue ulang tahun yang dipesannya. Lalu kami cukup memberi foto ketika kue sudah jadi dan diantarkan kepada alamat konsumen yang dituju.


Oleh karena itu saya membutuhkan laptop untuk berbagai keperluan tersebut. Saat ini saya menggunakan laptop yang sudah mulai melambat, dan hanya bisa digunakan untuk beberapa aplikasi bawaan dari laptop. Untuk menambah aplikasi edit foto, video atau aplikasi lainnya tidak cukup kuat karena akan ngelag atau ngehang.


Laptop yang dibutuhkan tentu harus yang laptop yang cepat, ringan, ringkas, modern dan tangguh sebagai My 2021 Resolution. Fitur-fitur apa saja yang dibutuhkan oleh seorang ibu rumah tangga, dan tukang kue.

 


1.    Ringan dan Ringkas

Laptop yang dibutuhkan adalah laptop yang ringan dan ringkas karena akan digunakan untuk memperlihatkan gambar-gambar katalog kue ulang tahun atau berselancar mencari gambar-gambar kue yang diinginkan pelanggan.  


2.    Layar Jernih

Layar yang jernih sangat dibutuhkan agar gambar yang ada di laptop tersebut bisa terlihat jelas oleh saya dan juga pelanggan saat kondisi terang sekalipun, tidak silau jika dilihat dari berbagai sisi sehingga pelanggan tertarik dengan gambar-gambar yang akan diperlihatkan.  


3.    Kinerja Cepat

Laptop yang dibutuhkan tentu yang memiliki kinerja cepat, dari mulai booting awal hingga saat digunakan untuk membuka berbagai aplikasi agar aktivitas dilakukan dengan cepat dan efisien. Sehingga hemat waktu, dan tenaga.


4.    Webcam Berkualitas

Webcam juga sangat dibutuhkan untuk berkomunikasi dengan anak-anak yang kebetulan sedang mondok dan sekolah ratusan kilometer berjauhan dengan orang tua. Selain itu webcam sering digunakan untuk mengikuti webinar atau pelatihan jarak jauh untuk menambah ilmu dan pengetahuan dalam dunia perkuehan.  


5.    Audio Berkelas

Tukang kue juga membutuhkan audio laptop berkualitas, saat sedang mengerjakan pesanan kue ulang tahun biasanya sambil mendengarkan musik menggunakan laptop agar mood meningkat dan imun meningkat sehingga hasil kuenya tidak mengecewakan konsumen.  


6.    Baterai tahan lama

Siapapun pasti ingin memiliki perangkat dengan baterai tahan lama termasuk laptop yang dimiliki. Saya membutuhkan laptop yang tahan lama sehingga tidak buru-buru mengisi ulang agar aktivitas tidak terganggu baik sedang digunakan di rumah atau di luar rumah. 

 

Dan semua kebutuhan tersebut ada pada laptop ZenBook Flip S (UX371), ini alasannya :


Desain Convertible, Premium, Elegan dan Menawan


Laptop ZenBook Flip S (UX371) ini memiliki desain clamshell atau convertible dimana layarnya bisa diputar hingga 360 derajat. Sehingga tidak hanya digunakan seperti laptop pada umumnya tetapi juga dapat digunakan layaknya sebuah tablet.


Dengan desain convertible ini, kami bisa menunjukkan kepada konsumen kami tidak harus menggunakan buku katalog kue ulang tahun lagi. Cukup menunjukkan kepada konsumen sehingga mereka bisa langsung memilih sesuai dengan keinginannya masing-masing. Selain itu konsumen juga bisa browsing secara langsung di laptop tersebut.



Selain mode laptop dan tablet, ZenBook Flip S (UX371) bisa dibuat seperti tenda. Dengan model seperti ini, sangat cocok bagi saya yang sering mendengarkan musik sambil kerja topping kue ulang tahun. Selain menambah mood saat bekerja juga meningkatkan imun agar selalu senang.  


ZenBook Flip S (UX371) memiliki desain premium yang sangat ringkas. Bagian sudut-sudutnya membentuk potongannya mirip dengan potongan berlian atau dikenal dengan nama diamond-cut yang terlihat mewah dan premium.


Selain itu laptop ZenBook Flip S (UX371) memiliki garis berwarna tembaga atau disebut dengan Red Copper mengelilingi bodi ZenBook Flip S (UX371) yang membuat laptop ini terlihat sangat berbeda lebih elegan dan menawan, serta lebih mudah dikenali dari kejauhan.


ZenBook Flip S (UX371) menggunakan penamaan menyematkan huruf “S”. Huruf ini bukan tidak ada artinya. Huruf "S" memiliki arti "slim" yang artinya tipis dan "sophisticated" atau mewah. Laptop ini memiliki ketipisan hanya 11,9mm dan beratnya hanya 1,2kg sehingga asyik untuk dibawa kemana-mana. Jadi biarpun tukang kue punya keinginan memiliki laptop idaman.  



Layar OLED 4K


Layar yang disematkan pada laptop akan memberikan dampak signifikan terutama dari hasil warna yang dihasilkan. Termasuk jika saya mengunggah gambar melalui blog atau media sosial. Jika gambarnya bagus maka konsumen akan tertarik untuk membeli atau sekedar tanya-tanya terlebih dahulu. Dan ZenBook Flip S (UX371) sudah menggunakan layar sentuh NanoEdge dengan panel OLED.


Panel ini OLED dengan kemampuan 4K UHD resolution atau 3840x2160 pixel mampu mereproduksi warna hitam yang sesungguhnya. Selain itu panel OLED juga mampu menampilkan kontras warna yang lebih baik dan telah mendukung fitur HDR yang tersertifikasi langsung oleh VESA. Konten HDR menawarkan detail gambar yang jauh lebih baik karena memiliki dynamic range lebih luas dan menampilkan seluruh detail gambar tersebut.



ZenBook Flip S (UX371) dapat digunakan dalam mode tablet dan membuat laptop ini digunakan layaknya sebuah kanvas digital dan telah mendukung penggunaan stylus dengan 4096 pressure level. Melalui fitur terkini tersebut, saya bisa bisa mengajak anak perempuan yang hobi menggambar untuk menciptakan karya-karyanya di perangkat ini.


Selain itu saya mencari laptop yang bisa menjaga kesehatan mata, maklum saya sebenarnya sudah sedikit kabur kalau melihat tulisan kecil kecuali melihat uang sih masih jelas.  Layar ZenBook Flip S (UX371) telah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk flicker free dan low blue light. Artinya, layar ZenBook Flip S (UX371) memiliki layar yang minim emisi gelombang cahaya biru dan tidak menghasilkan efek flicker. Sehingga tidak akan membuat mata penggunanya cepat lelah dan terpapar gelombang cahaya biru yang berlebihan sehingga dapat menjaga kesehatan mata dalam jangka panjang.


Performa Terbaik di Kelasnya


ASUS ZenBook Flip S (UX371) mengunakan otak yang ditenagai oleh prosesor 11th Gen Intel Core. Tidak hanya dari sisi performa CPU, ZenBook Flip S (UX371) juga memiliki performa grafis yang lebih baik berkat chip grafis terintegrasi Intel Iris Xe Graphics terbaru.

 

Terlihat dari hasil benchmark, ZenBook Flip S (UX371) tampak gesit dan powerful untuk sebuah ultrabook convertible yang sangat ringkas. Kombinasi performa tersebut sangat penting, karena para insan kreatif yang menggunakan laptop ini seringkali menggunakan aplikasi yang tidak hanya membutuhkan performa CPU, tetapi juga performa grafis yang mumpuni.


 

ZenBook Flip S (UX371) hadir dengan bodi yang sangat tipis dan ringkas, namun demikian bukan berarti laptop ini tidak dapat menemani penggunanya seharian. ZenBook Flip S (UX371) hadir sebagai laptop berlabel Intel EVO Platform, yang artinya laptop ini mampu bekerja secara responsif dan memiliki daya tahan baterai yang panjang.

 

Dalam pengujian yang telah kami lakukan, ZenBook Flip S (UX371) yang menggunakan layar OLED beresolusi 4K mampu bertahan hingga 9 jam 52 menit menggunakan PCMark Battery Test pada mode Modern Office. Artinya, secara kasar laptop ini sudah mampu menemani penggunanya hingga hampir 10 jam untuk bekerja dan menjalankan aplikasi kantoran.

 

Sebagai sebuah laptop convertible, ZenBook Flip S (UX371) harus memiliki suhu operasional yang rendah agar tetap nyaman digunakan saat pada mode tablet. ASUS berhasil menjawab tantangan tersebut melalui sistem pendingin khusus yang digunakan di ZenBook Flip S (UX371). Sistem pendingin tersebut mampu menjaga suhu laptop convertible ini secara stabil pada kisaran 65 derajat Celsius dalam kondisi full load. Hal tersebut membuat ZenBook Flip S (UX371) tetap nyaman digunakan di berbagai mode penggunaan. 


Menggunakan SSD dan Dilengkapi dengan Digital Pen 


Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.



PC modern juga dilengkapi dengan pena digital yang memiliki banyak manfaat. Sentuhan khas tercipta saat Anda membuat sketsa atau coretan pada dokumen dengan pena digital. Penelitian juga menemukan adanya peningkatan kinerja hingga 38% pada pelajar ketika mereka menggunakan pena digital untuk mengerjakan soal-soal sains. Tidak semua ide berupa kalimat, kini saatnya untuk tuangkan inspirasi segera dalam sketsa atau coretan pena digital di PC modern.  


Port sebelah kiri ZenBook Flip S (UX371)

Port dan Konektivitas Lengkap dan Modern


ZenBook Flip S (UX371) memiliki port yang lengkap. Selain dua port USB Type-C dengan dukungan koneksi Thunderbolt 4, ZenBook Flip S (UX371) juga dilengkapi dengan USB Type-A 3.2 dan HDMI sehingga tidak usah membeli dongle tambahan.

 

Laptop ZenBook Flip S (UX371) sudah dilengkapi dengan teknologi konektivitas terkini, salah satunya adalah WiFi 6. Selain itu menggunakan fitur WiFi Smart Connect yang membuat pengalaman menggunakan ZenBook Flip S (UX371) semakin mudah dan nyaman.

Port sebelah kanan ZenBook Flip S (UX371)

 

Fitur WiFi Smart Connect memungkinkan ZenBook Flip S (UX371) untuk dapat mendeteksi sinyal WiFi paling optimal yang bisa ditangkap oleh laptop ini. Dari sana, fitur WiFi Smart Connect dapat menghubungkan ZenBook Flip S (UX371) secara otomatis ke sumber sinyal (router) yang paling optimal sehingga Anda akan selalu mendapatkan konektivitas terbaik meski sering berpindah tempat.

 

Kamera Mumpuni


Tukang kue memang perlu webcam?. Jawabannya jelas perlu karena saya sering melakukan video call dengan anak-anak yang mondok dan sekolah yang jauh dari tempat tinggal. Selain itu saya sering mengikuti kegiatan webinar atau kursus kue secara online untuk menambah pengetahuan dalam dunia perkuehan. Maka dibutuhkan webcam yang memiliki resolusi mumpuni.

Webcam


Dan kamera yang disematkan pada ZenBook Flip S (UX371) mampu menampilkan gambar lebih baik dan lancar. Karena ASUS menghadirkan teknologi bernama IR camera-tuning yang membuat kamera infra merah pada ZenBook Flip S (UX371) dapat menampilkan gambar yang lebih baik.


Kamera infra merah di ZenBook Flip S (UX371) juga berguna sebagai fitur keamanan. Didukung oleh fitur Windows Hello, kamera infra merah di ZenBook Flip S (UX371) memiliki kemampuan untuk memindai wajah penggunanya secara presisi, bahkan dalam kondisi kurang cahaya sekalipun. Sistem pemindaian wajah tersebut membuat ZenBook Flip S (UX371) lebih aman karena Anda tidak perlu lagi mengetikkan password yang bisa saja dilihat oleh orang lain.

 

Microphone Dengan AI Noise Cancelling


ZenBook Flip S (UX371) dilengkapi dengan array microphone yang didukung oleh teknologi AI Noise Cancelling. Dengan Fitur ini bisa dikatakan sangat penting jika Anda sering melakukan call conference atau bahkan video conference.


AI Noise Cancelling di ZenBook Flip S (UX371) mampu meredam suara bising di latar belakang dan memperjelas suara Anda yang sedang berada di depan laptop. Ini tentu sangat cocok bagi saya yang sering melakukan komunikasi dengan anak-anak menggunakan video call atau video conference.

Keyboard dan Number Pad


Keyboard, Touchpad dan Number Pad 


Laptop ZenBook Flip S (UX371) memiliki keyboard Edge-to-edge design sehingga terlihat elegan dan nyaman saat digunakan. Selain itu memiliki kemampuan full-size backlit sehingga tetap nyaman digunakan saat dalam kondisi gelap, serta memiliki jarak key travel sebesar 1.4 mm sehingga nyaman saat digunakan untuk mengetik. 


ZenBook Flip S UX371 ZenBook Flip S UX371 memiliki fitur Numberpad yakni fitur yang memungkinkan touchpad dapat dialihkan fungsinya menjadi numberpad melalui sebuah tombol. Fitur ini sangat berguna bagi pengguna yang sering berhadapan dengan angka seperti saya saat membuat penilaian. Touchpad atau Number Padnya menggunakan teknologi Precision Touchpad (PTP) yang mendukung 4 jari dan smart gesture.


Kesimpulan 


Dengan berbagai desain yang ringkas dan ringan, serta dilengkapi dengan fitur yang lengkap, membuat ASUS ZenBook Flip S (UX371) cocok untuk siapa saja termasuk tukang kue yang hobi ngeblog dan mencari inspirasi dari internet. 


Apalagi laptop ini sudah menggunakan penyimpanan SSD & Digital Pen are part of the thing help to make your life easier. Sehingga tidak lagi khawatir saat dibawa kemana-mana dan bisa mengerjakan berbagai aktivitas selama di perjalanan. Agar kita lebih produktif dan lebih aktif lagi untuk menghasilkan karya terbaik.  

 

Berikut Spesifikasi dan Harga ASUS ZenBook Flip S (UX371)



Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS ZenBook Flip S (UX371) Blog Writing Competition bersama deddyhuang.com

1 komentar on Tukang Kue dan ASUS ZenBook Flip S (UX371)

  1. Terima kasih ya kak sudah ikut berpartisipasi dalam ASUS Blogging Competition bersama deddyhuang.com

    Good luck!

    ReplyDelete